40 Mahasiswanya Lulus KIP Kuliah, Rektor Unimen Harap Prestasi Meningkat

ENREKANG,Ummaspul.ac.id — Universitas Muhammadiyah Enrekang (UNIMEN) menggelar Sosialisasi Penerima Kartu Indonesia Pintar-Kuliah (KIP-K) di Aula Kampus I UNIMEN, Kamis (17/12/2020).

Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-Kuliah) adalah salah satu upaya Pemerintah untuk membantu asa para mahasiswa yang memiliki keterbatasan ekonomi tetapi berprestasi untuk melanjutkan studi di perguruan tinggi.

Sosialisasi KIP Kuliah tersebut dibuka oleh Rektor Unimen, Yunus Busa, M. Si bersama WR1 Ismail, M. Pd, WR2 Arif Efendi AS, M. Pd, WR3 Muh. Husain Kamaruddin, S. Thi,. M. Pd. Dan Mahasiswa bersama orang tuanya yang jadi peserta.

Dalam penyampaiannya, Rektor Unimen Drs. Yunus Busa, M. Si mengatakan, ini merupakan bentuk perhatian pemerintah kepada mahasiswa, olehnya itu tidak ada alasan untuk tidak berprestasi.

“Tugas kita sekarang harus memaksimalkan KIP-K ini, karena pemerintah sudah membantu kita membiayai perkuliahan, biaya hidup juga SPP, maka mahasiswa juga dituntut untuk harus berprestasi dan harus aktif dalam kegiatan – kegiatan kampus kedepan,” ujar Rektor Unimen.

Yunus Busa berharap, Mahasiswa penerima KIP Kuliah mampu berprestasi dan mengangkat nama Universitas Muhammadiyah Enrekang ke tingkah Nasional bahkan Internasional.

“Kepada Mahasiswa penerima KIP Kuliah, agar bisa berkolaborasi bersama kampus nantinya, membawa nama kampus ke tingkat nasional maupun Internasional dan kelak menjadi alumni yang bermanfaat untuk masyarakat luas,” harapnya.

Sementara Wakil Rektor 1 Unimen, Ismail, S. Pd,. M. Pd mengatakan bahwa KIP Kuliah ini di berikan kepada Mahasiswa yang memenuhi syarat dan berlaku selama delapan semester.

“Mahasiswa yang mendapat KIP Kuliah ini adalah yang masuk kategori Mahasiswa dari keluarga miskin, mahasiswa dengan keterbatasan akses (Afirmasi) dan mahasiswa yang terkena bencana, konflik atau kondisi khusus yang berlaku selama delapan semester. Bila lewat delapan semester dan IPK tidak mencapai 3,00 beasiswa akan di cabut,” tegas Ismail.

Dia juga memberikan gambaran sebaran distribusi KIP Kuliah Se-Indonesia dan Universitas Muhammadiyah Enrekang tahun 2020.

“Total pendaftar KIP Kuliah di Indonesia mencapai 689.477 orang dan lulus sebanyak 25.398 orang, sementara dari Unimen yang mendaftar sebanyak 97 orang dan yang lulus ada 40 orang,” tutup WR2 Unimen.