Kunjungan Kerja ke UMS Rappang, ada yang akan diterapkan di UNIMEN

Rombongan UNIMEN mengadakan kunjungan kerja ke sesama perguruan tinggi Muhammadiyah di Sidenreng Rappang, 9 Februari 2021. Turut serta dalam rombongan yaitu Rektor UNIMEN, Drs. Yunus Busa, M.Si., Wakil Rektor 2 dan 3, sekretaris rektorat, dan bagian keuangan, akademik serta IT.

Kunjungan kali ini mengagendakan studi terkait pengembangan sistem sumber daya manusia perguruan tinggi khususnya aplikasi presensi yang telah lama dikembangkan di UMS Rappang dan telah diakui oleh berbagai kalangan.

Rektor UMS Rappang langsung menyambut rombongan UNIMEN di ruang kerjanya, lantai 1 gedung rektorat UMS Rappang yang sementara dalam proses pembangunan. UMS Rappang sendiri merupakan penggabungan dari dua sekolah tinggi yaitu STISIP dan STKIP Muhammadiyah Rappang. Merger kedua perguruan ini masih tergolong muda, tepat pada tanggal 18 Februari nanti merayakan milad yang kedua. Walau tergolong muda, UMS Rappang berkomitmen meningkatkan kesejahteraan dosennya. “Dosen UMS Rappang kami gaji standar PNS, jika memiliki pangkat akademik, kami berikan insentif sesuai peraturan yang berlaku yaitu 375.000 untuk AA, 700.000 untuk lektor. Ujar Rektor II Bid. Keuangan UMS.

Kita harus bergantung pada sistem, bukan individunya. Kalau individunya hilang maka bubar perguruan.

Ucap Rektor UMS Rappang, DR H Jamaluddin Ahmad S.Sos., M.Si dalam sambutannya.

Sistem ini kami kembangkan sendiri sehingga dalam melakukan perubahan sangat gampang, beda kalau kita beli dari pihak luar atau pihak ketiga, kalau sistemnya bermasalah, bayar lagi. Sistem yang kami pakai sekarang ini telah diakui sehingga banyak perguruan tinggi lain yang minta untuk diterapkan di perguruan tinggi mereka. Kalau UNIMEN mau, silahkan.

Sambungnya.

Aplikasi presensi yang dinamakan hadir ini merupakan pembaruan dari aplikasi presensi sebelumnya. “Ini versi 3 yang kita gunakan sekarang, yang dulu-dulu sudah kita tinggalkan dan pakai yang sekarang ini.” Jelas Zulkarnain, Tim IT UMS Rappang. Aplikasi Hadir ini adalah aplikasi Presensi khusus untuk dosen dan staf UMS Rappang yang telah memanfaatkan GPS untuk mendeteksi dan memproteksi area yang diinginkan sehingga dosen tidak dapat melakukan presensi dari luar area kampus. Dalam melakukan presensi, ada beberapa hal yang diminta seperti¬† foto selfi (harus di area kampus), lokasi dengan memanfaatkan fitur GPS, dan form isian aktivitas yang dilakukan hari ini. Lebih hebatnya lagi, aplikasi presensi ini dapat dijalankan di hp dengan basis android menggunakan chrome atau browser lainnya.

Sistem ini sangat bagus, kalau bisa ini diterapkan di kampus kita, UNIMEN dalam waktu dekat. Nanti TIM IT dari UNIMEN koordinasi dengan TIM IT UMS Rappang agar bisa diterapkan secepatnya.

Kesan dan harapan Rektor UNIMEN. Hal senada diaminkan oleh wakil rektor 2 yang membidangi Keuangan.

 

Rombongan UNIMEN diterima Rektor UMS Rappang di ruang kerjanya

Rektor UNIMEN menyempatkan diri untuk melihat berbagai inovasi yang diterapkan UMS Rappang