Prodi Bimbingan dan Konseling Universitas Muhammadiyah Enrekang mengadakan Kegiatan Membumikan BK dan Launching Layanan KonselorMU

Prodi Bimbingan dan Konseling UNIMEN mengadakan kegiatan Membumikan BK, dengan tema “Membaca Budaya-Menatap Era Digita”, di buka secara resmi oleh Rektor UNIMEN. Kegiatan Membumikan Bimbingan dan Konseling yang mengangkat tema Membaca Budaya-Menatap Era digital telah dibuka secara resmi oleh Rektor UNIMEN Bapak Drs. Yunus Busa, M.Si. (27/12/2021).

Rektor Unimen, Bapak Drs. Yunus Busa, M.Si dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan dilakukan Prodi BK, merupakan kegiatan Kolaborasi dengan HIMA BK harus diapresiasi setinggi-tingginya dikarenakan prodi BK telah menemukan pola untuk berkembang menjadi prodi yang diunggulkan di Universitas Muhammadiyah Enrekang. “Saya mengharap kegiatan seperti ini akan menjadi agenda tahunan. Tema yang diangkatpun sangat menarik yaitu “membumikan Bimbingan dan Konseling (BK) membaca budaya-menatap era digital” yang dirangkaikan agenda HIMA Masuk Kampung. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan mahasiswa UNIMEN dan praktisi pendidikan (guru BK) di Massenrempulu dapat menambah wawasanya terkait keilmuannya khusunya tentang budaya.” Ungkapnya. Selanjutnya dijelaskan bahwa Tujuan kegiatan ini termuat semangat yang menggerakan untuk menghadirkan keilmuan Bimbingan dan Konseling di Enrekang.”

Kaprodi Bimbingan dan Konseling UNIMEN Muhammad Junaedi Mahyuddin, S.Pd., M.Pd menyampaikan “Keilmuan BK saat ini masih berada dilangit belum membumi, maksudnya masih berbicara konsep belum terimplementasi dengan baik, kemudian pada hari ini pula Prodi bimbingan dan konseling juga berhasil Launching Cyber Counseling “KonselorMU”. layanan Cyber Counseling ini merupakan karya mahasiswi Prodi BK yang bernama Nur Aina angkatan 2019. Karya KonselorMU ini adalah aplikasi yang nantinya dapat digunakan oleh seluruh lapisan masyarakat yang ingin mendapatkan layanan konseling dengan konselor yang berpengalaman. “calon konseli dapat memilih dan membuat janji dengan  konselor. Layanan website KonselorMU ini adalah yang pertama di Indonesia Timur, tutur Nur Aina. Lebih jauh menambahkan bahwa layanan ini sengaja dibuat untuk membarikan fasilitas layanan serta mendekatkan Konselor dengan masyarakat. Di rencanakan Insya Allah sekitar 3-6 bulan kedepan, akan di adakan tour ke sekolah-sekolah untuk mensosialisasikan KonselorMU ini.

Dirinya menuturkan kegiatan pembukaan ini pula dilanjutkan dengan penandatanganan Perjanjian Kejasama dengan Prodi Bimbingan dan Konseling dengan Pemerintah Desa Rosoan.

Desa Rossoan dipilih dan akan menjadi sharing parnert dalam mengembangkan keilmuan mahasiswa atau dengan kata lain Desa Rosoan akan menjadi Laboratorium pengembangan keilmuan BK.” Tutur Kaprodi BK UNIMEN.

Mahasiswa S3 UNM ini menambahkan, Insya Allah hari kamis nanti tanggal 30 Desember 2021, akan akan menyelenggarakan kegiatan HIMA Mittaman Kampong (HIMA MASUK KAMPUNG) yang nantinya mahasiswa kami telah merencanakan program kegiatan.

“Yang paling utama adalah mahasiswa kami akan menawarkan konsep desa digital dan akan melakukan riset permainan dan cerita tradisional yang ada di Enrekang, kami mamulainya dari Desa Rossoan yang nantinya akan kami terbitkan dalam bentuk buku dan Jurnal.”

Reporter : Team Media Unimen.