UNIMEN Melaksanakan Pendampingan Penyusunan Borang Akreditasi

ENREKANG, Unimen.ac.id — Universitas Muhammadiyah Enrekang (Unimen) melaksanakan Pendampingan Penyusunan Borang Akreditasi di Aula Kampus I Unimen, Selasa (29/3/2022).

Kegiatan tersebut adalah bagian dari persiapan penyusunan Borang Akreditasi yang akan diajukan ke LAMA dan BAN–PT, Kurikulum OBE, RPS Pembenahan tata kelola Perguruan Tinggi Muhammadiyah.

Pendampingan tersebut juga di pandu langsung oleh Dosen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) yakni Dr. Nuryakin, M. Si. dan Dr. Ahmad Zaidi, M. Sc. yang jauh-jauh datang dari yogyakarta untuk memberi pelatihan.

Rektor Universitas Muhammadiyah Enrekang, Dr. Yunus Busa, M. Si. menyampaikan bahwa urgensi dari pendampingan ini adalah perbaikan dan pengembangan Akreditasi masing-masing prodi yang ada.

“Tantangan terbesar kita setelah resmi menjadi universitas adalah bagaimana memperbaiki akreditasi, fokus kita hari ini adalah semua prodi semakin baik akreditasinya dan tentu akan sangat berpengaruh pada minat masyarakat dalam menentukan program studi apa yang mereka ambil saat akan kuliah,” ungkap Rektor Unimen.

Dr. Nuryakin, M. Si.  menambahkan bahwa tuntutan stakeholders itu sekarang sangat penting bagi keberhasilan sebuah perguruan tinggi, salah satu yang harus dipenuhi dalam pemeringkatan perguruan tinggi yaitu untuk mencapai reputasi perguruan tinggi adalah akreditasi. Karena status akreditasi menentukan masa depan sebuah perguruan tinggi. Universitas Muhammadiyah Enrekang sudah sangat baik dalam tata Kelola penjaminan mutu internal, dan ada beberapa hal yang saat ini dibenahi termasuk bagaimana mengangkat reputasi program studi  dalam rekognisi akreditasi, baik secara nasional maupun internasional. Salah satu upaya nyusun kurikulum dalam penyusunan kurikulum OBE adalah melihat bagaimana profil lulusan kemudian kompetensi dosennya juga bahan kajian yang saat ini harus update Sesuai dengan perkembangan teknologi informasi. (*)

 

Reporter : Team Media Unimen