Kolaborasi Prodi Pendidikan Matematika UNIMEN dengan UNIM Bone lakukan riset Kewirausahaan yang didanai LPDP bersama Kemdikbud-Ristek

Pada hari Rabu s/d Jumat pada tanggal 18 – 26 Mei 2022, mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP Universitas Muhammadiyah Enrekang melakukan kunjungan kewirausahaan di tiga lokasi UMKM, yaitu Pabrik Tahu Tempe Cahaya Putri Restu di Pasui, Toko Indah Mandiri Enrekang, dan Dangke Melona Baba. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika bersama dengan Dosen Pengampu Mata Kuliah Program Linear, Putriyani S, S.Pd., M.Pd dan Suarti Djafar, S.Si., M.Pd.

Kegiatan kunjungan kewirausahaan ini pertama kali diadakan oleh Prodi Pendidikan Matematika. Kegiatan ini merupakan rangkaian proses pembelajaran mata kuliah Program Linear yang menerapkan model pembelajaran berbasis masalah dan proyek.

“Selama ini proses pembelajaran atau transfer of knowledge, pemberian tugas, hingga evaluasi berjalan monoton, khususnya pada matakuliah Program Linear. Oleh karena itu, kami bersama dengan tim riset melakukan inovasi pembelajaran matakuliah ini dengan menerapkan model problem-project based learning. Tugas proyek mahasiswa dikemas dalam bentuk kunjungan kewirausahaan untuk melakukan pengambilan data yang selanjutnya akan dianalisis menggunakan konsep matakuliah yang telah dipelajari”, ujarnya.

Kunjungan kewirausahaan merupakan bagian dari rangkaian kegiatan pembelajaran yang telah dikembangkan oleh tim riset Prodi Pendidikan Matematika, FKIP UNIMEN berkolaborasi dengan Prodi Pendidikan Matematika, FKIP UNIM Bone. Kegiatan ini mendapat dukungan dana hibah penelitian dari LPDP bersama Kemdikbud-Ristek pada Program Riset Keilmuan Tahun 2021 dengan judul penelitian “Pengembangan Model Problem-Project Based Learning pada untuk Meningkatkan Karakter Kewirausahaan Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika”.

Selain sebagai penyelesaian tugas proyek, Suarti Djafar menjelaskan bahwa kegiatan ini diharapkan memberikan pelajaran kepada mahasiswa mengenai dunia wirausaha dan terpenting mahasiswa membangun karakter kewirausahaan dalam dirinya, yaitu tangguh, pantang menyerah, kreatif, jujur, disiplin, dan sabar. Pelajaran ini diperoleh mahasiswa melalui pengalaman praktisi UMKM dalam merintis dan mengembangkan usaha.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada UMKM yang telah bersedia menerima kami, dan berbagi pengalaman dan pelajaran penting dalam merintis dan mengembangkan usaha” lanjutnya.

Sebagai salah satu inovasi pembelajaran, kegiatan ini diharapkan dapat berlangsung secara kontinu dengan menghasilkan outcome berupa lulusan yang mandiri, tangguh, dan berjiwa entrepreneurship.