Prodi Bimbingan dan Konseling UNIMEN Menggelar Workshop Penulisan Jurnal Ilmiah Bagi Mahasiswa

Dalam upaya untuk meningkatkan kualitas penulisan ilmiah bagi mahasiswa/iProgram Studi Bimbingan dan Konseling (BK) Universitas Muhammadiyah (UNIMEN) yang bekerja sama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) UNIMEN sukses menggelar kegiatan Workshop Academic and Publication for Jurnal untuk kalangan mahasiswa Prodi Bimbingan dan Konseling UNIMEN. Rabu 25 Mei 2022.

Dalam kegiatan ini menghadirkan 3 pemateri yaitu Dr. Elihami, S.Pd.,M.Pd. Ketua LP2M UNIMEN, Muhammad Junaedi Mahyuddin, S.Pd.,M.Pd Kaprodi Bimbingan dan Konseling UNIMEN, dan  M. Yunus Sudirman,M.Pd Dosen Bimbingan dan Konseling UNIMEN dan juga sebagai Direktur Jurnal EduPsyCouns serta Yusran Sahodding, S.Pd selaku moderator.

Workshop dilaksanakan di Aula Lantai I Kampus UNIMEN, dihadiri oleh Mahasiswa Prodi Bimbingan dan Konseling. Acara diselenggarakan mulai dari pukul 09.00 Wita hingga pukul 16.00 Wita. Hadir dalam kesempatan dan membuka kegiatan tersebut Dekan Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) UNIMEN.

Dalam sambutannya, Bapak Ilham Assidiq, S.Pd.,M.Pd menyampaikan apresiasi yang sangat luar biasa atas terselenggaranya kegiatan tersebut. “Kegiatan Workshop penulisan jurnal ilmiah bagi mahasiswa merupakan kegiatan yang sangat penting untuk diselenggarakan, dengan kehadiran narasumber yang ahli di bidangnya, membantu mahasiswa bagaimana cara menulis artikel/jurnal yang baik sesuai kriteria untuk publikasi di jurnal bereputasi dan mahasiswa juga diharapkan nantinya akan bisa secara mandiri mempublish artikelnya di jurnal bereputasi tersebut”, imbuhnya.

Di penghujung sambutannya Bapak Dekan menyampaikan bahwa seiring dengan adanya kegiatan ini tentunya nanti diupakan mahasiswa wajib menerbitkan artikel ilmiah dijurnal ter-index Sinta“. Untuk lulusan S1 wajib menghasilkan Karya Ilmiah yang TERBIT di Jurnal Ilmiah ter index sinta hingga scopus”, sebagai upaya standar bagi mahasiswa untuk menyelesaikan tugas akhirnya selain membuat skripsi dalam memperoleh gelar sarjana.

Dr Eli sapaan akrabnya selaku narasumber menyatakan bahwa pengalaman gagal dan ditolak saat mengirimkan artikel ke jurnal adalah pengalaman yang lumrah.

“Pengalaman, ditolak, di tolak, dan ditolak adalah hal yang biasa. Ada beberapa macam bentuk penryataan bentuk penyampaiannya halus sampai bahasa yang sedikit memekik hati adalah hal yang biasa dalam proses mengirim artikel ke jurnal internasional terindeks scopus. Yang terpenting, jangan sampai putus asa dan patah semangat,” ujarnya.

Sementara itu untuk sesi selanjutnya Muhammad Junaedi Mahyuddin MPd. membahas tentang “Teknik penulisan jurnal ilmiah Ia menuturkan bahwa beberapa fase, yaitu; pra penulisan, penulisan dan pasca penulisan.

“Pra penulisan adalah sudah memiliki bahan tulisan, dan telah membuat kerangka tulisan, di fase selanjutnya adalah telah adalah draf tulisan dan telah mengetahui anatomi tulisan dan jurnal yang dituju, fase terakhir adalah penyuntingan dan publikasi),” terangnya.

Ditempat yang sama untuk sesi terakhir yaitu M Yunus Sudirman MPd membahas tentang jurnal EduPsyCouns. Yang dimulai dari mengenal scop dan focus sistematika penulisan artikel berdasarkan template, cara membuat akun hingga submit(*).

 

Tim Media UNIMEN