Info UNIMEN
Minggu, 02 Okt 2022
  • Tema Mading dapat menampilkan informasi dalam text berjalan
14 Agustus 2022

Pembekalan Mahasiswa KKNT Universitas Muhammadiyah Enrekang

Minggu, 14 Agustus 2022 Kategori : Uncategorized

Unimen.ac.id– Universitas Muhammadiyah Enrekang memberikan pembekalan kepada mahasiswa yang akan melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) dengan tema: “Meningkatkan Semangat Kewirausahaan Melalui Legalitas Pemasaran Produk Unggulan Desa”. Acara pembekalan digelar di Aula Kampus I UNIMEN, Jalan Jenderal Sudirman No. 17 Enrekang, Kamis, 11 Agustus 2022.

Ketua Panitia KKNT Dr. Elihami, M.Pd. melaporkan bahwa mahasiswa yang akan berangkat menuju ke lokasi KKNT sebanyak 92 orang. Terdiri dari Prodi Bimbingan dan Konseling, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa Inggris , dan Pendidikan Non Formal. Mahasiswa KKNT di sebar di 7 Desa di Kabupaten Enrekang, yaitu di Desa Rossoan, Desa Kadinge, Desa Mindatte, Desa Batu Mila, Desa Pasui, Desa Mundan, dan Desa Pasang.

Ia menambahkan bahwa beberapa pertimbangan panitia memilih lokasi tersebut. Salahsatunya adalah melihat perkembangan ekonomi kreatif makin baik melalui usaha – usaha umkm yang dikelolah oleh masyarakat. Melalui kegiatan KKNT, mahasiswa diharapkan mampu melaksanakan pengabdian yang menggiatkan pengembangan ekonomi kreatif dan aktivitas pengembangan cabang/ranting Muhammadiyah di tengah masyarakat. “Program KKNT telah di desain sedemikian rupa sehingga dalam proses implementasi program di harapkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Elihami berharap, mahasiswa mampu menerapkan apa yang diperoleh selama berada di bangku kuliah, langsung ke tengah masyarakat, serta dapat membantu menyelesaikan apa yang menjadi kebutuhan masyarakat di lapangan.

Arif Efendi As, S.Pd., M.Pd. selaku Wakil Rektor II Universitas Muhammadiyah Enrekang, Dalam sambutannya menyampaikan bahwa mahasiswa harus mampu berperan menjadi penghubung antara dunia akademik dengan masyarakat luas. Dengan program KKNT yang merupakan gambaran miniatur kehidupan diharapkan dapat menjadi wadah berfastabul khairat, berkontribusi dan bermakna selamanya bagi masyarakat luas sebagai bentuk implementasi pengabdian kepada masyarakat.

Arif Efendi menambahkan bahwa, para mahasiswa KKNT diharapkan menjadi qudwah atau teladan.

Salah seorang Mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Anmar, mengatakan bahwa pembekalan ini sangat penting untuk mengetahui apa yang akan dilakukan nantinya di masyarakat.

Tim Humas Unimen

Tidak ada komentar

Tinggalkan Komentar